RABU ABU / ASH WEDNESDAY

RABU ABU / ASH WEDNESDAY

Bersama Gereja Katolik sedunia, hari ini kita mengawali Masa Puasa ( Prapaskah ) dengan Hari Rabu Abu.
Rabu Abu adalah hari pertama masa Pra-Paskah. Ini terjadi pada hari Rabu, 40 hari sebelum Paskah tanpa menghitung hari-hari Minggu atau 44 hari (termasuk Minggu) sebelum hari Jumat Agung.
Selama 40 hari, sama seperti Tuhan Yesus berpuasa dan dicobai Iblis, demikianlah umat Katolik akan menjalani Retret Agung dalam Puasa, pantang, doa, laku tapa dan mati raga.

Pada hari ini umat yang datang ke Gereja dahinya diberi tanda salib dari abu sebagai simbol upacara ini. Simbol ini mengingatkan umat akan ritual Israel kuno, dimana seseorang menabur abu di atas kepalanya atau di seluruh tubuhnya sebagai tanda kesedihan, penyesalan dan pertobatan (misalnya seperti dalam Kitab Ester 4:1, 3). Dalam Mazmur 102:10 penyesalan juga digambarkan dengan “memakan abu”: “Sebab aku makan abu seperti roti, dan mencampur minumanku dengan tangisan.”

Dalam Misa Rabu Abu, pemberian tanda salib dengan abu tersebut disertai dengan ucapan, “Ingatlah hai manusia bahwa engkau berasal dari abu/debu tanah dan akan kembali menjadi abu/ debu tanah. Bertobatlah dan percayalah pada Injil.”

Banyak orang Katolik menganggap hari Rabu Abu sebagai hari untuk mengingat kefanaan seseorang. Pada hari ini dan selama Masa Puasa 40 hari, umat Katolik berusia 18–59 tahun diwajibkan berpuasa, dengan batasan makan kenyang sekali sehari dan berpantang, sambil berdoa serta melakukan laku tapa dan mati raga.

Selamat berpuasa teman-teman… – with Keita, Julian Fransiskus Xaverius, Reiner, Romana, Stevano, j o y c e, Sangerta, Iwan, Pingkan, Yuliet, Anita, Antonius, David, Grifit, Steiven, Fatlly, Ladys, Lucia, Faldo, Novri, Meivy, Onal, Deivy, Refino, Ladys, Vinno, Conny, Jenifer, Nugroho, Gerry, Jeffry, Adeline, Yhunnie, Marsella, Meidy, Angky, Novita Maria, Angela, Hesty, incentviola, Incent, Santi, Mariska, Fernando, Kareena, Amelia, Tirsa, Marcel, Oijoon, Jejhe, David, Natasya Bianca, and Andre

View on Path

Tinggalkan komentar