Pohon Natal telah menyala di Vatikan

Penyalaan pohon Natal di Vatikan

Pohon Natal telah dinyalakan tadi malam di Kota Suci Roma, Vatikan.

VATICAN CITY  – Lampu telah dinyalakan di pohon Natal yang terletak di alun-alun Gereja Basilika Santo Petrus, Vatikan. Sama seperti lampu Natal di mana-mana , ini adalah pengingat bahwa Yesus adalah terang dunia , kata Bapa Suci Paus Fransiskus.

Meskipun dalam Upacara penyalaan phon Natal tadi malam (13 Desember), belia tidak hadir secara langsung, Bapa Suci secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada para donatur dari Jerman dan negara tetangga Ceko untuk pohon natal itu, dalam suatu audiensi pada hari sebelumnya .

Pohon dengan tinggi 82 kaki ini adalah hadiah dari kota Jerman Waldmunchen , tapi pohon itu tumbuh di perbatasan dengan Republik Ceko . Para Walikota dari Bavaria di Jerman dan Bohemia di Republik Ceko saling bergandengan tangan untuk menyalakan pohon Natal itu tadi malam.

” Pohon ini bersifat internasional , ” kata Paus kepada 350 anggota rombongan yang melakukan perjalanan ke Vatikan untuk upacara penyalaan pohon.

Kisah kelahiran Yesus dalam Injil menceritakan bagaimana para gembala menggembalakan domba-domba mereka, yang kemudian dikelilingi oleh ” cahaya yang besar , ” kata Paus . ” Hari ini juga, Yesus terus menghalau kegelapan dosa dan membawa bagi umat manusia sukacita dari pancaran cahaya Ilahi . ”

” Kita harus membiarkan diri kita diselimuti oleh cahaya kebenaran -Nya , sehingga sukacita Injil akan mengisi hati dan kehidupan semua orang yang bertemu dengan Yesus, ” katanya .

Saat matahari hendak terbenam, para peziarah Jerman dan Ceko – banyak di anatar mereka mengenakan kostum tradisional – berkumpul dengan para pejabat Vatikan untuk upacara penyalaan pohon Natal. Perayaan dimulai dengan band polisi Vatikan, yang memainkan lagi kebangsaan Vatikan dan Jerman .

Orang-orang Bavaria mengatakan mereka sangat bangga bahwa itu adalah untuk kedua kalinya mereka diberi kesempatan menyumbangkan pohon untuk Vatikan , yang pertama pada tahun 1984 .

Kardinal Giuseppe Bertello , Presiden dari Komisi yang mengatur pemerintahan Negara Kota Vatikan , mengatakan kepada para peziarah bahwa sementara pohon Natal adalah tradisi Eropa utara , itu adalah kebiasaan mendiang Paus Yohanes Paulus II yang dibawa ke Vatikan pada tahun 1982 .

” Pohon itu , dalam setiap kebudayaan , merupakan simbol kehidupan , ” kata kardinal . Sebuah pohon Natal adalah pengingat bahwa ” Tuhan datang untuk memberi kita hidup-Nya . Mari kita menyambutnya dalam hati kita dan , dalam terang Cahaya-Nya , mari kita membawa-Nya bagi dunia . “

Tinggalkan komentar